Modus musik modern terdiri dari tujuh skala yang berbeda berkaitan dengan kunci
mayor dan minor akrab, masing-masing dengan sifat yang berbeda dan
karakteristik yang membedakan mereka dari satu sama lain. Disebut Ionian,
Dorian, Frigia, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan mode Locrian, masing-masing
tujuh skala modal terdiri dari pengaturan tertentu dari nada diatonis dari satu
oktaf.
Setiap mode memiliki gelar skala karakteristik dan struktur harmonisa tertentu
yang saling memberi suara yang khas. Walaupun namanya asal Yunani, rangkaian
nada berbeda dari mode Yunani dengan nama yang mirip.
1. Modus Ionian adalah satu-satunya mode yang dominan ketujuh tipe chord
terjadi secara alami pada skala tingkat kelima, sebagai V7. Tanpa penjelasan
lebih lanjut, "mode utama" atau hanya "besar" mengacu pada
modus Ionia.
2. Modus Dorian memiliki karakteristik yang diajukan keenam relatif ke modus
Aeolian, yang menghasilkan akord IV utama dan chord II minor. Akord dominan
ketujuh dalam modus ini terjadi pada skala derajat keempat, sebagai IV7.
3. Modus Phrygian memiliki menurunkan relatif kedua untuk Aeolian, yang
menciptakan chords karakteristik berkurang ♭ II
besar dan v. Mode ini cukup umum dalam musik flamenco. [rujukan?] The akord
dominan ketujuh dalam modus ini terjadi pada skala derajat keempat, sebagai
III7.
5. Modus Mixolydian memiliki gelar 7 menurunkan relatif terhadap Ionia. Akord
dominan ketujuh dalam mode ini karena terjadi pada tonik, seperti I7. Akord
karakteristik lainnya v kecil, dan akord VII utama. Ada juga chord redup iii,
tetapi tidak digunakan secara ekstensif dalam komposisi modal.
6. Mode Aeolian memiliki ♭ ♭ ♭ 6 dan 3, 7. Akord
dominan ketujuh dalam modus ini terjadi pada tingkat skala ketujuh, sebagai
VII7. Chords lainnya Its karakteristik adalah iv minor dan akord v. Ada
perbedaan halus antara komposisi modal Aeolian dan komposisi dalam sebuah kunci
minor, karena derajat keenam dan ketujuh dalam sebuah kunci minor dapat diubah
untuk menciptakan IV utama dan akord V. Mode Aeolian juga lebih dikenal sebagai
skala (Murni) Alam kecil. Dalam kasus-kasus dimana modus Aeolian memiliki tanda
kunci yang sama sebagai kunci utama tertentu namun dengan tonik yang berbeda,
ini disebut sebagai skala relatif kecil. Sebagai contoh, A Aeolian adalah minor
relatif dari skala C mayor.
7. Modus Locrian telah menurunkan derajat skala kedua dan kelima relatif
terhadap Aeolian dan memiliki chord i berkurang. Hal ini sangat tidak stabil,
dan chord saya berkurang yang membuat menetapkan nada suara dalam modus hampir
mustahil. Beberapa potong ditulis dalam mode ini biasanya digunakan suatu akord
minor i diubah (BDF ♯) untuk mendirikan pusat tonal, dan kemudian menggunakan
chord V minor iii (DFA) dan utama (FAC) untuk membentuk modalitas.
Menghilangkan tingkat kelima bila menggunakan chord i pilihan lain. Akord
dominan ketujuh dalam modus ini terjadi pada skala derajat keenam, sebagai VI7.
HUBUNGAN ANTAR MODUS
Mungkin cara paling sederhana untuk memahami tujuh mode modern dan hubungan
antara mereka adalah untuk melihatnya sebagai rotasi berturut-turut satu set
tujuh catatan-misalnya, dengan menggunakan catatan dari skala C Mayor: C, D, E,
F, G, A, B, dan C. Ini adalah C Ionian mode karena C adalah catatan
referensial, dan pola interval di atas diketahui bahwa sesuai dengan Ionia.
(The skala besar dan skala modal Ionia di sembarang tombol adalah identik.)
Mempertahankan catatan skala C-utama sebagai kerangka referensi:
* D modus Dorian terdiri dari catatan D, E, F, G, A, B, C, D (Re, Mi, Fa, Sol, La, Ti, Do, Re)
* E Phrygian terdiri dari E, F, G, A, B, C, D, E (Mi, Fa, Sol, La, Ti, Do, Re, Mi)
* F Lydian terdiri dari F, G, A, B, C, D, E, F (Fa, Sol, La, Ti, Do, Re, Mi, Fa)
* G Mixolydian terdiri dari G, A, B, C, D, E, F, G (Sol, La, Ti, Do, Re, Mi, Fa, Sol)
* A Aeolian terdiri dari A, B, C, D, E, F, G, A (La, Ti, Do, Re, Mi, Fa, Sol, La)
* B Locrian terdiri dari B, C, D, E, F, G, A, B (Ti, Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Ti)
Semua contoh di atas terdiri dari catatan yang sama persis, perbedaan di antara mereka adalah pusat nada dari setiap mode. Skala D Dorian mengasumsikan catatan D untuk menjadi pusat. Dengan kata lain, catatan D menjadi tonik, sementara semua catatan tetap sama dengan skala C-besar. Konsep ini dapat dialihkan chromatically untuk setiap skala besar.
Menerapkan prinsip ini untuk dinas tetap-lakukan suku kata solfège dan angka skala derajat dari hasil skala asli utama dalam bergerak-do solfège dan angka skala derajat relatif terhadap satu sama tonik baru (dan dengan accidentals diterapkan sehubungan dengan derajat seperti yang ditemukan dalam skala besar) sebagai berikut:
Ionian mode
Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Ti, Do
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1
Dorian mode
Re, Mi, Fa, Sol, La, Ti, Do, Re
2, 3, 4, 5, 6, 7, 1, 2
---menjadi---
Do, Re, Me, Fa, Sol, La, Te, Do
1, 2, ♭3, 4, 5, 6, ♭7, 1
Phrygian mode
Mi, Fa, Sol, La, Ti, Do, Re, Mi
3, 4, 5, 6, 7, 1, 2, 3
---menjadi---
Do, Ra, Me, Fa, Sol, Le, Te, Do
1, ♭2, ♭3, 4, 5, ♭6, ♭7, 1
Lydian mode
Fa, Sol, La, Ti, Do, Re, Mi, Fa
4, 5, 6, 7, 1, 2, 3, 4
---menjadi---
Do, Re, Mi, Fi, Sol, La, Ti, Do
1, 2, 3, ♯4, 5, 6, 7, 1
Mixolydian mode
Sol, La, Ti, Do, Re, Mi, Fa, Sol
5, 6, 7, 1, 2, 3, 4, 5
---menjadi---
Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Te, Do
1, 2, 3, 4, 5, 6, ♭7, 1
Aeolian mode
La, Ti, Do, Re, Mi, Fa, Sol, La
6, 7, 1, 2, 3, 4, 5, 6
---menjadi---
Do, Re, Me, Fa, Sol, Le, Te, Do
1, 2, ♭3, 4, 5, ♭6, ♭7, 1
Locrian mode
Ti, Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Ti
7, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
---menjadi---
Do, Ra, Me, Fa, Se, Le, Te, Do
1, ♭2, ♭3, 4, ♭5, ♭6, ♭7, 1
Tujuh skala modal modern karenanya dapat dianggap sebagai pergeseran pusat ke derajat berurutan dari skala besar. Oleh karena itu, setiap interval dalam modus akan diberikan penunjukan interval baru sesuai dengan posisinya relatif terhadap tonik baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar